Home TIPS 5 Peluang Bisnis dengan Pertumbuhan Tercepat di 2023, Bisa jadi Cuan

5 Peluang Bisnis dengan Pertumbuhan Tercepat di 2023, Bisa jadi Cuan

8 min read
0
0
281
Ilustrasi kurir

JAKARTA – Beberapa tahun terakhir, ada sebagian industri yang mengalami pertumbuhan yang eksplosif, akan tetapi di sisi lain sejumlah industri mengalami perlambatan bahkan menghilang sama sekali. Sehingga, penting untuk sebuah industri bisa beradaptasi dengan banyaknya perubahan. Melihat pertumbuhan industri ini sangat penting untuk Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis di tahun 2023.

Lantas, jika melihat di 2023, berikut industri yang punya potensi pertumbuhan baik serta bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

1. Jasa pengiriman

Meningkatnya popularitas pembelian online telah menyebabkan peningkatan permintaan pengirim dan dengan cepat mengamankan tempatnya sebagai pelopor pertumbuhan industri. The American Shipper melaporkan bahwa sebanyak 8 persen dari semua penjualan ritel dilakukan secara online, atau US$394 miliar atau setara dengan Rp5.990 triliun. Dengan semakin banyaknya orang yang membeli barang dari e-commerce, maka akan makin tinggi peningkatan permintaan terhadap industri ini.

Banyak ekonom yang memperkirakan bahwa industri ekspedisi akan menjadi bisnis dengan pertumbuhan tercepat di dunia dalam tahun depan. BACA JUGA Tugu Insurance Tangkap Peluang Bisnis Properti Indonesia Intip Peluang Bisnis Franchise Maxim, Bisa Atur Harga Ojol SATU Jemput Peluang Bisnis di Kawasan Berkembang

2. Industri kesehatan

Industri perawatan kesehatan diproyeksikan tumbuh sebesar 19 persen menjadikannya sektor dengan pertumbuhan tercepat kedua. Alasan pertumbuhan ini adalah meningkatnya permintaan asuransi kesehatan dan kebutuhan lebih banyak orang untuk mengisi pekerjaan di industri kesehatan.

Alhasil, peluang tersebut menjadi kian luas, apalagi ketika apotek tidak hanya menawarkan obat, tapi juga digunakan sebagai tempat memperdagangkan peralatan medis hingga menjadi tempat bagi apoteker dalam melakukan praktek profesi farmasi.

3. Industri perjalanan dan makanan

Dengan meningkatnya populasi diiringi dengan pelonggaran pembatasan atas pandemi Covid-19, maka industri perjalanan seperti wisata hingga penyedia makanan bisa menjadi peluang bisnis yang punya proyeksi pertumbuhan baik. Anda bisa mempertimbangkan bisnis sebagai agen atau pemandu yang membantu orang lain merencanakan perjalanan mereka.

Pastikan Anda disertifikasi oleh pemerintah setempat untuk menjadi pemandu wisata. Jika Anda tidak ingin bekerja secara langsung dengan turis tetapi tetap ingin tetap bisa berbisnis di industri perjalanan, maka jadilah agen untuk perusahaan yang berspesialisasi dalam penerbangan dan akomodasi internasional.

4. Ritel online

Karena semakin banyak konsumen beralih ke platform online untuk berbelanja, bisnis dengan cepat beradaptasi untuk memenuhi permintaan ini. Perusahaan seperti Amazon, Walmart banyak berinvestasi dalam upaya online untuk melayani pelanggan mereka dengan lebih baik.

Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan internet untuk berbelanja dan memanfaatkan diskon, sektor ritel online diperkirakan tumbuh signifikan tahun ini. Kenyamanan berbelanja online selama pandemi telah berkembang secara signifikan, ini terbukti dari hasil survey, di mana satu dari setiap lima pembelian eceran dilakukan secara online dan diperkirakan bernilai US$1,1 triliun atau setara dengan Rp16.727 triliun pada akhir 2023.

5. Revolusi AI Masa depan ekonomi global terletak pada Kecerdasan Buatan (AI).

AI diharapkan menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di tahun 2023, yang sudah bernilai US$328,34 miliar atau setara dengan Rp4.992 triliun. AI telah mulai merevolusi banyak industri, seperti kesehatan, keuangan, dan transportasi.

Melalui otomatisasi, peningkatan kemampuan analisis data, dan analitik prediktif, AI membantu bisnis menjadi lebih cepat dan lebih efisien sekaligus memangkas biaya. Dengan potensi pertumbuhan yang luar biasa dan kemampuannya untuk merevolusi industri yang ada, AI akan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi yang paling penting tidak hanya untuk hari ini tetapi untuk tahun-tahun mendatang.

#majalahsukses #majalahpeluangusaha #majalahreviewbisnis #reviewbisnis #liputanbisnis

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “5 Peluang Bisnis dengan Pertumbuhan Tercepat di 2023, Bisa jadi Cuan”, Klik selengkapnya di sini: https://entrepreneur.bisnis.com/read/20230222/263/1630767/5-peluang-bisnis-dengan-pertumbuhan-tercepat-di-2023-bisa-jadi-cuan.
Author: Arlina Laras
Editor : Mia Chitra Dinisari

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In TIPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rayakan Ulangtahun Pertama, Sukun Hotel Cilacap Tampilkan Lima Lukisan Karya Suhadi Gembot

Tweet   CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Cuaca cerah, suasana nampak t…