Home KOMUNITAS Apa Itu HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia?

Apa Itu HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia?

8 min read
0
0
878

Jumlah pengusaha muda di Indonesia kini semakin bertambah banyak mengingat kemudahan membuka usaha baru semakin mudah. Peluang besar menjadi seorang pengusaha harus diatur dalam peraturan undang-undang atau bisa juga berupa HPMI atau sering disebut Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. Dari beberapa tahun belakangan ketersediaan wadah bernama HIPMI ataupun sebuah himpunan tersebut sangat dibutuhkan untuk memberi peluang besar bagi pelaku ushaa yang sekarang semakin bertambah.

Apa Itu HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia?
Peluang usaha semakin besar dan menguntungkan membuat para pelaku usaha baru mencari tahu tentang informasi HIPMI. Maka dari itu tidak heran bila terdapat banyak strategi hingga pembahasan di dalamnya bisa diakses lebih mudah. Lalu seperti apa HIPMI kemudian apa fungsinya?

Apa Itu HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia
Untuk bisa memahmi konsep dan fungsi dari HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, dibutuhkan detail informasi dari sejarahnya sampai visi serta misi. Jika Anda penasaran mengenai konsep HIPMI, berikut ini ada beberapa informasi untuk Anda.

Perjakanan HIPMI
Sebuah wadah bagi para pengusaha kalangan muda ini sudah dibentuk pada tanggal 10 Juni 1972 yang mana menjadi satu bentuk semangat para wirausaha muda mudi Tanah air. Pada sebuah wadah bernama HIPMI tersebut setiap kaum muda memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha terbaik dan berguna bagi tanah air.
Pada awalnya pendiri HIPMI dipegang oleh sosok Drs. Adbul Latief, Teu ku Sj Ahrul, Ir. Siswono Yuda Husodo, Datuk Hakim Thantawi, Irawan Djajaatmadja, Bandar Tando, Pontjo Sutowo, Hari Sjamsudi Mangan, hingga Ir. Mahdi Diah. Pada pengelolaan orang berpotensi di Indonesia tersebut HIPMI menjadi kelompok pengusaha paling berpengaruh bahkan menjadi mampu menjadi kader wirausaha termuda.

Perjalanan HIPMI terbilang menarik karena di tahun 1998 dimana krisis ekonomi melanda, HIPMI justru sukses mencetak para kader-kader wirausaha yang sampai sekarang pemimpinnya mampu bersaing di kancah internasional. Sehingga sampai sekarang HIPMI bisa mengubah paradigma masyarakat mengenai profesi seorang pengusaha sebagai satu posisi terhormat.

Setelah menajalani masa sulit di era krisis, HIPMI berkembang menjadi satu wadah untuk membuat paradigma baru terutama dalam mengembangkan usaha-usaha kecil menengah sebagai pilar utama pembangunan ekonomi Indonesia.

Visi dan Misi

HIPMI sampai sekarang masih memegang tegu motto yang mana menjadi pejuang pengusaha yang selalu memberi perubahan terhadap perekonomian nasional.Tidak hanya itu HIPMI juga memiliki fungsi sebagai penunjang wawasan masyarakat hingga pengusaha mudah untuk terus berwawasan kebangsaan bahkan memberi kepedulian terhadap keinginan masyarakat terutama dalam bidang wirausaha.

HIPMI juga memberi tekad baru serta mengembangan klaster pengusaha menengah baru yang nantinya dapat menambah serta memiliki martabat lebih baik. Jadi tidak heran bila anggota HIPMI mempunyai kemampuan profesional, inovatif, value creation, fokus hingga selalu memegang tegu nilai normative di semua bidang usaha.
Setiap klaster berhasil dilahirkan melalui proses tempaan HIPMI sehingga menjadi sosok pengusaha tangguh serta mampu membantu para pelaku usaha kecil menengah di semua daerah. Bisa jadi HIPMI sendiri menjadi tonggak utama bangsa dalam mengembangkan potensi perekonomian di setiap daerah yang mana terus menerus mengalami masalah seiring berkembangnya zaman.

Kini banyak kalangan sudah mengetahui apa itu HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia yang sampai sekarang masih terus eksis membantu perekonomian nasional menghadapi persaingan pasar di dunia internasional. Diharapkan HIPMI terus memberi solusi hingga inovasi-inovasi terbaru untuk para pelaku UKM di setiap daerah bahkan memunculkan kader pengusaha mudah baru agar pergerakan ekonomi nasional tetap stabil.

Dikutip dari https://www.saribisnisonline.com//

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In KOMUNITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Jati Belanda Cilacap, Perpaduan Antara Cinta dan Konsep Yang Matang

Tweet Tweet Comments comments …