Home KOMUNITAS Ada Kampanye Anti Penyalahgunaan Narkoba di Peken Banyumasan Tjilatjap – Tjakrawedana 2

Ada Kampanye Anti Penyalahgunaan Narkoba di Peken Banyumasan Tjilatjap – Tjakrawedana 2

7 min read
0
0
322


CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. “Pemuda Berkarya: Membangun Dampak Positif bagi Diri dan Lingkungan” adalah tema untuk event Peken Banyumasan Tjilatjap (PBT) – Tjakrawedana II (TJW 2) yang digelar pada Sabtu 24/6 lalu.

Donie Hulalata, salah satu inisiator gelaran, mengatakan bahwa tema tersebut yang membangkitkan semangat kreativitas pemuda dan mengajak untuk memilih berkarya dan berkegiatan yang memberikan dampak positif pada diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Seperti halnya Peken Banyumasan Tjilatjap – Tjakrawerdana I (TJW 1), juga berkolaborasi dengan banyak pihak demi suksesnya acara yang sarat akan makna dan tujuan.

Salah satu pihak yang bekerjasama dalam Peken Banyumasan Tjilatjap (PBT) – Tjakrawedana II (TJW 2) lalu adalah Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap, turut memperkuat kampanye melawan penyalahgunaan narkoba dan mengedepankan pilihan hidup yang sehat dan produktif.

Venue masih sama dengan Peken Banyumasan Tjilatjap (PBT) – Tjakrawedana I (TJW 1) lalu, yakni di Gedung Eks Pabrik Pemintalan yang beralamat di Jalan Kendilwesi, Kota Cilacap.

Bagi masyarakat Kota Cilacap, tentu tak asing dengan tempat tersebut. Selain karena nama besarnya, yang bahkan pernah menyandang predikat sebagai pabrik pemintalan benang terbesar se-Asia Tenggara, juga desainnya yang cukup unik, vibes-nya sangat tempo doeloe.

 

Banyak Konten Menarik

Beberapa kategori acara dihelat di satu tempat dengan durasi dari pagi hingga siang menjelang sore hari.

Kategori “Heritage”, tersedia program ‘Tour de History’ yang mengajak peserta untuk menjelajahi gedung tempat acara berlangsung dan lingkungan sekitar. Dengan bimbingan oleh komunitas Tjilatjap History, para peserta seakan diajak untuk travelling ke masa lalu nun jauh di sana.

Untuk kategori Art, ada pertunjukan seni lukis, tari tradisional dan musikalisasi yang melibatkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Cilacap dan SD Negeri 01 Tambakreja. Penampilan mereka sangat apik dan totalitas, menghibur para pengunjung.

Selanjutnya ada BYOT (Bring Your Own Tjilatjapan), sebuah sesi sarasehan yang melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, pengusaha, industri, komunitas, agregator, dan media. Dalam sesi ini, pemuda dapat berdiskusi tentang isu-isu terkini, berbagi pengalaman, serta mengembangkan koneksi dan kolaborasi yang berpotensi memajukan sektor ekonomi kreatif.

Agustinus Widdy Harsono, S.Kom, M.Si, Kepala BNN Cilacap, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Cilacap Kreatif dalam menggerakkan pemuda untuk berkontribusi positif.

“Melalui PBT TJW 2, kami mendukung kampanye melawan penyalahgunaan narkoba dengan mengajak pemuda untuk terlibat dalam kegiatan yang membangun, kreatif, dan sehat. Dengan kerjasama antara BNN dan Cilacap Kreatif, kita dapat menciptakan lingkungan yang positif dan memperkuat peran pemuda dalam masyarakat,” ujar Widdy, sapaan akrabnya.

Sekilas Tentang Peken Banyumasan Tjilatjap (PBT) Tjakrawedana

PBT Tjakrawedana adalah acara creative placemaking yang diselenggarakan oleh Cilacap Kreatif dan berkolaborasi dengan berbagai unsur kreativitas di Cilacap, termasuk Politeknik Negeri Cilacap (PNC).

Sebagai Penanggung Jawab (Person in Charge), terdapat empat mahasiswa PNC yaitu Irfan PIC Heritage, Nurul PIC Art, Bintang PIC Pop dan Farhan PIC Perlengkapan.

Cilacap Kreatif sendiri adalah forum lintas komunitas yang menghubungkan entitas kreativitas di Cilacap dan didirikan oleh Romi ‘Bang Jabran’ Angger Hidayat (local brand activist), Afrizal AM (dosen PNC) dan Donie Hulalata (Praktisi Bisnis di Bidang Teknologi).

Sukses selalu TJW! 

Teks: Mdn
Foto: TJW

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In KOMUNITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tak Sekedar Show Off, Banyak Makna Peken Tjilatjapan Edisi Pantjak Tiga

Tweet CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Gedung bersejarah eks Pabrik Pemintalan Ci…