Home INFO BISNIS Apa itu TikTok Shop: Platform Jualan yang Kian Populer

Apa itu TikTok Shop: Platform Jualan yang Kian Populer

10 min read
0
0
375
Pict: https://smesta.kemenkopukm.go.id/

Industri e-commerce di Indonesia terus berkembang setiap tahunnya. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi, nilai perdagangan elektronik (e-commerce) Indonesia sudah mencapai 78 persen.

Berdasarkan hal tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa minat masyarakat terhadap belanja online mendorong para pedagang Indonesia untuk berbelanja secara online.

Karena itu, lahirlah berbagai platform bisnis online yang memudahkan perusahaan untuk berbisnis secara online.

Salah satu yang terbaru datang dari aplikasi TikTok yang menawarkan fitur tren terbaru, toko TikTok. Sejak kemunculannya, fitur ini telah menarik perhatian para penggunanya dan bisa menjadi peluang bisnis yang besar bagi perusahaan.

Untuk lebih jelasnya mengenal TikTok Shop, berikut DailySocial.id akan paparkan informaisnya untukmu!

Apa sih TikTok Shop itu?

Beberapa dari kamu mungkin belum mengetahui fitur dari aplikasi TikTok yang saat ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang hanya dalam satu aplikasi tanpa membuka toko.

Salah satu fitur yang ditawarkan TikTok kepada bisnis adalah TikTok Shop.

TikTok Shop adalah fitur aplikasi TikTok yang memudahkan bisnis dan penggunanya untuk menjual dan membeli produk. Karena fitur ini sangat memudahkan pembeli untuk berbelanja melalui media sosial tanpa harus beralih ke aplikasi lain.

Selain itu, pengguna dapat membeli produk secara langsung dan mendapatkan banyak penawaran dan diskon, seperti gratis ongkos kirim.

Keunggulan TikTok Shop

Adapun salah satu keunggulan dan kelebihan dari TikTok Shop adalah brand atau pelaku usaha bisa dengan mudah untuk memperluas pasarnya.

Dikarenakan pengguna aplikasi TikTok bisa dibilang cukup banyak tapi selain itu masih ada kelebihan lainnya dari fitur TikTok yang satu ini, diantaranya:

Aplikasi Sosial Media Sekaligus Belanja

Sekarang kamu tak sulit harus marketplace untuk berbelanja, dengan menggunakan aplikasi TikTok sudah memberikan kamu pengalaman gabungan antara marketplace dengan sosial media.

Jadi, kamu cukup menggunakan satu platform untuk bermain media sosial dan berbelanja sehingga lebih praktis dan pastinya sangat menarik.

Mempunyai Banyak Pengguna Aktif

Aplikasi TikTok sendiri memiliki kurang lebih 800 juta pengguna aktif dan rata-rata mereka membuka aplikasi TikTok sebanyak 8 kali dalam sehari. Dari situ kamu tahukan jika aplikasi ini termasuk aplikasi sosial media yang paling sering dikunjungi oleh penggunanya.

Kamu dapat menggunakan platform TikTok untuk mempromosikan produk, misalnya saja dengan menggunakan hashtag yang sedang tren dan pastinya sesuai dengan brand kamu.

Langkah Bisnis untuk Memperluas Pasar

Salah satu langkah perusahaan untuk memasuki pasar adalah dengan menggunakan fitur platform TikTok. Seperti yang disebutkan, TikTok adalah platform media sosial dengan pengguna terbanyak dan penayangan terbanyak.

Ini memberi kamu kesempatan untuk memperluas jangkauan pasar bisnismu dan menarik pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Fitur TikTok Shop dirancang untuk kamu yang memiliki usaha kecil atau besar agar lebih mudah menjangkau konsumen.

Selain itu, iklan TikTok juga bisa kamu gunakan sebagai langkah untuk memaksimalkan jangkauan konten yang  dibuat. Dan lebih mudah bagi pengguna untuk mengunjungi halaman penjualan dengan call to action (CTA).

Cara Mudah Berjualan di TikTok Shop

Ada 3 langkah mudah yang perlu kamu ketahui apabila ingin menambahkan TikTok shop sebagai media penjualan kamu selain marketplace dan informasi lainnya.

Mulai dari bagaimana cara mendaftar TikTok Shop, melihat orderan yang masuk dari TikTok shop, hingga  bagaimana cara berbelanja di TikTok shop untuk pembeli kamu.

Cara Daftar TikTok Shop

  • Untuk mendaftarkan bisnis ke TikTok, pertama kamu harus kunjungi website TikTok Shop Seller dan daftarkan akun
  • Lalu, isi beberapa informasi mengenai bisnis dan data diri kamu berikutnya sesudah terdaftar sebagai pengguna, kamu cantumkan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat, e-mail, dan lainnya.
  • Setelah itu, masukkan informasi terkait bisnis kamu seperti nama bisnis, jenis usaha yang dijalankan, alamat toko, informasi produk, dan sebagainya.
  • Di tahap terakhir, barulah kamu mengisi informasi tentang registrasi bisnis untuk mendapatkan notifikasi verifikasi dari TikTok.
  • Sesudah terkonfirmasi secara resmi, selanjutnya kamu dapat menggunakan fitur TikTok shop ini untuk berjualan.

Cara Berbelanja di TikTok Shop

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk berbelanja di aplikasi TikTok shop yaitu melalui unggahan produk dan siaran langsung.

Nah, kamu bisa menggunakan kedua cara tersebut sebagai langkah promosi di toko TikTok.

Bisa dibilang dengan metode unggahan produk sebagai tempat kamu menyimpan katalog produk di profile akun TikTok kamu sehingga pembeli dapat melihatnya dengan membuka akun kamu.

Cara Melihat Orderan dari TikTok Shop

Sebagai pebisnis, setelah konsumen melakukan pembelanjaan pastinya kamu ingin melihat orderan yang telah dipesan oleh pelanggan di marketplace atau e-commerce. 

Sama halnya dengan toko TikTok, lalu bagaimana cara melihat tracking orderan di aplikasi TikTok ?

  • Masuk ke dalam menu “akun saya”
  • Lalu, klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Berikutnya, kamu klik tulisan “orders” nanti akan muncul pesanan yang sedang dilakukan pembelian
  • Kamu dapat melihat semua pesanan dari aplikasi TikTok melalui menu tersebut.

 

Punya bisnis dan mau diliput oleh Majalahsukses.com? 

Silakan KLIK DI SINI

 

 

#tiktok #tiktokshop

#apaitutiktokshop #tiktokshopadalah

 

source: https://dailysocial.id/post/apa-itu-tiktok-shop

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In INFO BISNIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rayakan Ulangtahun Pertama, Sukun Hotel Cilacap Tampilkan Lima Lukisan Karya Suhadi Gembot

Tweet   CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Cuaca cerah, suasana nampak t…