Home INFO BISNIS BERKUNJUNG KE CILACAP COCOK BAWA OLEH-OLEH JENANG MAOS

BERKUNJUNG KE CILACAP COCOK BAWA OLEH-OLEH JENANG MAOS

6 min read
0
2
696


Teks & foto: Telson, Rita & Nurul

CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAH SUKSES. Jenang merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas Cilacap yang terkenal enak.

Dahulu, jenang bisa dikatakan sebagai makanan langka. Tak bisa setiap hari menikmatinya. Karena jaman dahulu, biasanya, jenang hanya bisa ditemui pada acara-acara besar seperti hajatan.

Lain dulu lain sekarang, keberadaan jenang pun berubah. Kini, jenang mudah ditemui di tempat-tempat penjualan oleh-oleh.

Salah satu yang terkenal adalah Jenang Maos. Namanya sesuai dengan lokasi pabriknya, yaitu Kecamatan Maos, Cilacap.

Jenang, di daerah lain seperti Garut dikenal dengan sebutan ‘Dodol’.

PRODUKSI SEJAK TAHUN 2004

Adalah Bapak Triyanto yang mengawali usahanya untuk memproduksi jenang pada tahun 2004 silam.

Dahulu biasanya membuat jenang hanya untuk konsumsi sendiri. Melihat adanya potensi ekonomi untuk digarap, akhirnya berbisnis jenang. Apalagi peminat jenang bisa dikatakan hampir semua orang, baik anak-anak maupun dewasa tanpa dibedakan oleh status sosial.

“Awalnya dapat pesanan dari Pak Lik (paman, red) sebanyak 30 (tiga puluh) kilo gram. Berhubung rasanya ternyata enak, jadilah mulai usaha jenang Maos” kenang suami dari Ibu Istirohatun Soimah tersebut.

Selain bertujuan untuk sumber penghasilan, usaha tersebut juga menyentuh sisi pemanfaatan dan kemanfaatan seperti menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar.

MEMPERLUAS PASAR DAN TERUS BERINOVASI

Dari yang awalnya produksi hanya sedikit, semakin lama semakin berkembang. Kapasitas produksi terus bertambah. Pemasaran pun semakin meluas ke berbagai daerah diantaranya Tasik, Garut, Wonosobo, Tegal, Semarang, Klaten dan lain-lain.

Di Cilacap, selain buka outlet di Maos, juga menjalin kemitraan dengan beberapa pihak. Produknya juga tersedia di Donald Duck, Pasar Sangkal Putung, Pasar Gede, Khonsa Mart, Jenang Maos Buntu dan beberapa swalayan.

Jenang Maos yang tersedia beraneka rasa, seperti Jenang Kacang, Jenang Wijen, Jenang Polos. Kualitas tinggal pilih, mau yang biasa atau super.

Keunggulan Jenang Maos dibanding yang lain adalah tekstur jenangnya yang kenyal, tidak lengket saat dimakan. Selain itu, pembuatannya pun tanpa bahan pengawet kimia, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Tak hanya di soal rasa, ayah dari Alfi, Akmal dan Alya ini juga terus berinovasi agar jenangnya lebih bertahan lama.

Jenang Maos terus dikembangkan dengan target pembuatan cabang di daerah Cilacap bagian Barat seperti Sidareja, Majenang dan lain-lain.

Tak hanya menjual Jenang Maos, di outletnya juga tersedia berbagai macam produk makanan khas Cilacap lainnya. Ada saleh pisang, stik sukun, lanting dan keringan Maos (donat kering).

Jadi, jika berkunjung ke Cilacap jangan lupa mampir ke Jenang Maos ya. Atau mau order via SMS juga bisa kok..

JENANG MAOS
Jln. Nusa Indah RT 03/XI Maos Lor, Maos
Cilacap – Jawa Tengah
Telp. (0282) 526-5218
HP. 0815-4293-0100
FB: Jenang Maos

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In INFO BISNIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Jati Belanda Cilacap, Perpaduan Antara Cinta dan Konsep Yang Matang

Tweet Tweet Comments comments …