Home KOMUNITAS DUNIA WIRAUSAHA CILACAP SEMAKIN BERCAHAYA DENGAN HADIRNYA CILACAP BERDAYA

DUNIA WIRAUSAHA CILACAP SEMAKIN BERCAHAYA DENGAN HADIRNYA CILACAP BERDAYA

10 min read
0
2
537

Teks: Telson Hardani     Foto: Dok. CB

CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAH SUKSES. Semenjak akhir tahun lalu, ada yang berbeda di kota yang terkenal sebagai kota minyak dan nusakambangan ini. Nuansa berbeda yang cerah di kalangan entrepreneur-entrepreneur Kota Cilacap.

Cilacap Berdaya yang baru saja ‘nongol’ langsung bikin gebrakan. Secara rutin menggelar mentoring bisnis setiap pekan.

Pematerinya adalah para praktisi bisnis, para pengusaha sukses yang peduli akan perkembangan dunia wirausaha di Cilacap. Baik yang berasal dan berada di Cilacap maupun yang berada di luar Kota Cilacap.

Biasanya diadakan setiap hari Kamis dengan tempat yang berpindah-pindah. Diantaranya adalah Warung Tengkleng BM, WarunK Upnormal, Miroka Resto, Ora Umum, Kozze Coffee, Omah WK, STIE Muhammadiyah dan lain-lain.

Cilacap berdaya mempunyai slogan “Bertemu – Bertumbuh – Berbagi”. Cocok dengan realita yang ada.

Tak hanya para pengusaha senior, banyak juga wajah-wajah baru bahkan yang baru berencana membuka bisnis pun hadir di Cilacap Berdaya.

Selain mentoring di kelas, juga rutin adakan kuliah online melalui grup whatsapp.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Cilacap Berdaya, silakan simak hasil wawancara kami dengan Dimas Ercha, ketua Cilacap Berdaya.

**MS: Majalah Sukses
***DE: Dimas Ercha

Tim Cilacap Berdaya

MS: Apa itu Cilacap Berdaya?
DE: Cilacap Berdaya merupakan mentoring bisnis pekanan, yang mewadahi para pembisnis di Kota Cilacap baik itu pemula maupun yang sudah besar untuk saling bertemu, bersilaturahmi, bersinergi dan bertumbuh dengan selalu menimba dan berbagi ilmu.

MS: Apa yang melatar belakangi adanya Cilacap Berdaya?
DE: Bangsa yang sejahtera adalah bangsa yang memiliki daya beli. Daya beli yang tercipta akan menggerakan roda ekonomi suatu bangsa. Dengan roda ekonomi yang bergerak akan mendorong arus pajak. Arus pajak yang sehat akan meningkatkan APBN. Dengan APBN akan tercipta pelayanan public yang sehat. Pada akhirnya semua akan kembali ke masyarakat.

Suatu bangsa dituntut untuk produktif dalam arti suatu bangsa harus terus berkarya agar tidak terjebak dalam keterpurukan dan perlahan bangkit dari keterpurukan yang ada. Dan pebisnis adalah penggerak ekonomi yang paling produktif.

Namun kami mendapati sebuah kenyataan bahwa para pebisnis membutuhkan sebuah wahana untuk berjejaring dan bertumbuh. Baik para pebisnis pemula maupun mereka yang sudah memasuki kelas menengah maupun besar. Beberapa kebutuhan para pebisnis yang kami dapati adalah :
– Para pebisnis membutuhkan wahana untuk memperluas wawasan dan cakrawala dalam memahami dan mengeksekusi bisnis.
– Para pebisnis membutuhkan media untuk berjejaring dan menambah titik sinergi antara satu pebisnis dan pebisnis yang lain.
– Para pebisnis terutama pemula, membutuhkan ruang segar untuk saling mempromosikan produknya, mencari mitra penjualan dan membuka celah pasar yang baru.

Sebab itulah, maka event Cilacap Berdaya itu hadir, yang di adaptasi dari salah satu program dari Serikat Saudagar Nusantara yaitu Nusantara Berdaya yang tersebar di seluruh Nusantara.

MS: Apa saja visi dan misinya?

DE:• Menyemai semangat dan mengedukasi bangsa untuk berdaya di negeri sendiri
• Menyemai semangat pengusaha-pengusaha dan komunitas yang ada di Cilacap agar bisa saling bersinergi untuk mendorong semangat pemberdayaan
• Sebagai wadah para pengusaha-pengusaha, komunitas dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Cilacap untuk saling bertemu, bertumbuh dan berbagi guna tercapai tujuan pemberdayaan

MS: Siapa pendiri atau insiatornya?
DE: Untuk pendiri ada Kang Rendy Saputra merupakan kordinator nasional Serikat Saudagar Nusantara.
Dan untuk inisiator Cilacap Berdaya yaitu Imam Kurniawan, Romi Angger Hidayat, Dimas Ercha dan Isa Faris.

MS: Dimana sekretariatnya?
De: Untuk Basecamp kami ada di Miroka Jl. S.Parman 58 Cilacap(depan Lab.Prodia)

MS: Bagaimana caranya bergabung?
De: Untuk event tiap pekannya cukup mendaftar melalui nomer yang tercantum pada info event Cilacap Berdaya dan untuk info lengkap bisa Dilihat di Fanspage atau di Instagram Cilacap Berdaya.

MS: Siapa target pesertanya?
DE: Peserta Cilacap Berdaya mencakup semua elemen masyarakat seperti pengusaha, baik pengusaha star up, UMKM, masyarakat umum, karyawan, pelajar, mahasiswa. Dengan target peserta minimal 50 setiap pekannya.

MS: Mulai kapan?
DE: Event Pertama kita adakan Pada 16 Nopember 2017

MS: Sudah berapa kali diadakan?
DE: Dari dibentuk kita sudah mengadakan 11 Event
Untuk pembicara kami akan menghadirkan mentor-mentor baik lokal maupun luar kota Cilacap yang bersedia membagikan ilmunya. Pembicara dan materi akan selalu berbeda di setiap pekannya.

MS: Acara gratis dan banyak doorprize, dari mana sumber untuk operasional?
DE: Alhamdulilah, para pelaku usaha dan pengusaha-pengusaha di Cilacap mensupport kegiatan kami. Mereka memberikan kami donasi atau sponsorship dalam berbagai bentuk. Mulai dari tempat dan konsumsi maupun dalam bentuk pemberian doorprize.

MS: Apa target selanjutnya?
DE: Target kami selanjutnya selain mementoring para pelaku usaha kami juga ingin menyediakan atau memberikan pasar untuk pelaku usaha bisa memasarkan produk-produk mereka seperti mengadakan bazar di setiap event atau di hari2 tertentu secara continue, intinya kita akan berusaha agar para peserta bisa terus berkarya dan bardaya memajukan kota Cilacap.

 

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In KOMUNITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Jati Belanda Cilacap, Perpaduan Antara Cinta dan Konsep Yang Matang

Tweet Tweet Comments comments …