Home KOMUNITAS Geliat Positif Komunitas Anggur di Bekasi

Geliat Positif Komunitas Anggur di Bekasi

6 min read
0
0
212


Tahun 2023 ini, tahun yang ‘manis’ untuk berbagai macam buah-buahan yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Durian semakin berjaya, alpukat trendnya masih ‘gurih’, dan anggur pun mulai ‘segar’.
Yang mau saya stabilo merah di tulisan artikel ini, bagian anggur! Geliatnya saya lihat marak di daerah-daerah termasuk juga di Bekasi.

Para pecinta buah anggur pelan-pelan mulai rajin berkumpul, dan mendeklarasi sebuah komunitas yang mewakili daerah mereka.

Sebut saja Komunitas Anggur Cikarang salah satunya, dari namanya saja, sudah sangat tampak mewakilkan kecintaan dan hobi dari para anggotanya.

Saat bincang dengan teman2 komunitas anggur tersebut pastinya menginginkan ada sebuah festival atau lomba anggur yg acaranya bertujuan untuk silaturahmi serta bertukar pengalaman dalam berbudidaya buah anggur yang lagi trend. Yang tentunya jika ada festival atau lomba pab ini menjadi daya tarik bagi penghobi anggur, praktisi pertanian ataupun masyarakat umum.

Anggota DPRD Provinsi Jawa barat, H.Faizal Hafan Farid sangat mengapresiasi sangat rencana usulan kegiatan festival ata lomba anggur ini. Menurutnya, ke depannya patut diagendakan secara rutin dan berkesinambungan, sebab bisa merangsang generasi muda untuk mencintai dunia pertanian, khususnya dalam berkebun anggur.

Tanaman anggur yang berasal dari negara subtropis ini memang memiliki pesonanya sendiri di Indonesia. Apalagi kemampuannya yang tumbuh subur dan berbuah lebat di negara tropis.

Selain itu, bisa panen sepanjang musim dalam satu tahun, berbeda dengan di negara asalnya subtropis yang hanya bisa berbuah sekali dalam satu tahun. Bicara potensinya, beragam pula, baik sebagai hobi, kebun wisata maupun kebun produksi. Bisnis bibit anggur juga tidak kalah menjanjikan.

Saya sudah pernah menemui para anak-anak muda terjun di bisnis pembibitan anggur. Menurut salah satu pegiatnya, permintaan bibit anggur mengalami peningkatan trend tiap tahunnya.

Di sela-sela kesibukan kegiatan Bang Haji Faizal biasa dipanggil, sempat saya mengobrol dengan Bapak Slamet Widodo dan rekan dari pegiat anggur KAC Komunitas Anggur Cikarang yang baru saja mendapat sertifikat konunitas anggur dari dinas pertanian kab.Bekasi. Pendapatnya, pekebun anggur sudah bisa naik level. Dari yang awalnya hanya iseng berkebun di rumah dan di lahan, sekarang bisa mulai berkebun skala luas. Agar, ke depannya kebutuhan anggur dapat tercukupi dari dalam negeri.

Yaaa, sekali lagi saya setuju. Bahkan sangat setuju. Semoga dengan adanya acara seperti ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap buah anggur yang dibudidayakan di Indonesia khususnya wilayah Cikarang dan sekitarnya.

 

#pengusahaanggur

#komunitasanggurbekasi

#anggurbekasi

#budidayaanggur

#bisnisanggurbekasi

 

 

Sumber: https://kabbekasi.pks.id/geliat-positif-komunitas-anggur-di-bekasi/

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In KOMUNITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tak Sekedar Show Off, Banyak Makna Peken Tjilatjapan Edisi Pantjak Tiga

Tweet CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Gedung bersejarah eks Pabrik Pemintalan Ci…