Home INFO BISNIS Aneka Kerajinan Handmade untuk Temani Hari Spesial, Mengapa Tidak?

Aneka Kerajinan Handmade untuk Temani Hari Spesial, Mengapa Tidak?

8 min read
0
0
113

Teks: Tim Majalah Sukses       Foto: Doc. KW

METRO – LAMPUNG – MAJALAH SUKSES.COM. Kado adalah hal yang tak terpisahkan dari yang namanya hari atau moment spesial. Pernikahan, wisuda, ulang tahun maupun hal-hal yang dianggap spesial oleh seseorang.

Biasanya kebanyakan orang ingin memberikan kado yang unik. Sekarang ini, kerajinan handmade pun bisa menjadi pilihan. Namun terkadang tidak semua orang mempunyai waktu dan keterampilan untuk membuatnya.

Tahun 2011, Citra Setyo Pratiwi memutuskan untuk membuka bisnis kerajinan handmade. Citra menuturkan “Awal mula dulu suka bikin – bikin souvenir pernikahan, kotak pensil yang ada namanya pesanan anak – anak SD, kantong handphone dan lain-lain dari kain flanel kemudian lihat ketika orang – orang memberi hadiah atau kado bunga asli atau segar ke temannya. Tapi mudah layu, dan tak berbekas. Dari situ terpikir kenapa tidak saya coba menciptakan sesuatu yang tidak mudah layu, awet dan bisa dijadikan kenang-kenangan.”

Berbagai kerajinan handmade seperti rangkaian bunga, lukisan, boneka wisuda, talenan lukis, buket wedding, kado ulang tahun, mahar, dan souvenir pernikahan pun dibuatnya.

Pedagang strawberry di pasar menjadi inspirasinya dalam hal penamaan brandnya. “Dulu saya dan suami suka ke pasar sayur kemudian ada orang menjajakan dagangan strawberrynya tapi dengan nada yang mempunyai ciri khas dan membuat kami tertawa. Dia bilang strawberry muraaaaaah.”

Ibu satu anak ini menuturkan lebih lanjut. “Seketika saya dan suami tatap-tatapan sambil senyum lalu membelinya dan sampai di rumah kita ngobrol serius. Yah, saya mau membuka usaha tapi kira-kira dikasih nama apa yang gampang diingat orang dan orang mudah mencarinya”.

Lalu, tercetuslah nama kadowisuda_murah karena pada saat itu saya dan suami saya sedang kuliah dan setiap bulan bahkan hari banyak orang ujian dan wisuda dari berbagai daerah di Indonesia. Alhasil dari kedua hal tersebut Citra memberi nama kadowisuda_murah.

Citra memilih sesuatu yang unik yang disukai berbagai kalangan. Foto, warna dan bahan pun ditampilkan dengan detail. Selain itu, kerajinan handmade milik Citra bisa dipesan sesuai permintaan.

Citra selalu mengupayakan untuk membuat inovasi baru dari tahun ke tahun. Sehingga produknya bisa bermacam – macam dan tak selalu sama.

Saat ini pemasarannya sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Konsumennya pun bermacam – macam. Mulai dari anak – anak sekolah, mahasiswa, calon pengantin dan sebagainya. Alhamdulillah bisnis kerajinannya dibantu kakak laki – lakinya dan kakak iparnya serta team terkait.

Selain menjalani bisnis ini, Citra yang juga merupakan ketua regional @uploaddiy_jakarta (Komunitas DIY atau do it Yourself). Sebuah komunitas wanita muda dan ibu-ibu di mana saling berbagi ilmu untuk memanfaatkan barang bekas.

Barang bekas tersebut diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan mempunyai nilai jual. Komunitasnya ini pun pernah diliput oleh beberapa stasiun televisi swasta.

Citra berharap bisa terus mengembangkan bisnisnya ini. Dan terus membuat inovasi produk untuk ke depannya sesuai perkembangan zaman. Mengolah barang bekas menjadi bernilai jual dan bermanfaat.

“Sukses itu akan tertunda jika kita tak berani mencoba. Gagal itu biasa, bangkit lagi yang luar biasa. Apalagi bisa belajar dari setiap kegagalan. Sukses itu antara Pencipta dan diri sendiri yang bisa menentukan. Ketika sudah berusaha, biarlah doa dan ikhtiar yang bertarung di atas langit. Siapa yang akan memenangkan petarungan itu.” Papar istri tercinta dari Azmi Syahid itu.

Bagi konsumen yang ingin melihat koleksi kerajinan handmade buatan Citra, bisa mampir ke outletnya setiap hari Senin – Sabtu pukul 08.00 – 16.00 WIB. Bisa juga mampir di Instagram @kadowisuda_murah.

KADO WISUDA MURAH
Jln. Reformasi (samping gang antoarium VI depan SD Muhammadyah Kampus II cabang Metro Pusat) Kec. Metro, Kota Metro – Lampung
IG: @kadowisuda_murah
FB: citra setyo pratiwi
WA: 08984378808

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In INFO BISNIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BAKSO JUDES, KULINER UNTUK GENERASI MILENIAL CILACAP

Tweet Tweet Comments comments …