Home INFO BISNIS Galuh Telor Asin, Pulen, Berminyak, Rasanya Enak dan Tahan Lama

Galuh Telor Asin, Pulen, Berminyak, Rasanya Enak dan Tahan Lama

9 min read
0
1
288

Teks: Telson Hardani      Foto: Doc. GTA

KENDAL, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Telor asin, salah satu kuliner tradisional khas nusantara yang sudah melegenda. Selain rasanya enak buat ngemil atau bahkan lauk, ternyata juga memiliki banyak khasiat yang bagus untuk tubuh kita.

Dari berbagai sumber dijelaskan beberapa khasiat telor asin diantaranya sumber protein yang tinggi, meregenerasi sel-sel baru dalam tubuh, menyehatkan kulit, menambah sel darah merah, meningkatkan kepadatan tulang dan gigi, mencegah gejala anemia, meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh dan masih banyak lagi.

Bahan telor asin yang lebih sering digunakan adalah telur bebek. Teknik membuatnya pada dasarnya sama, yaitu dengan merendam telur ke dalam air (ada juga yang menggunakan batu bata) yang diberi garam selama beberapa hari. Lalu dimasak dengan cara dikukus, direbus atau diasapi.

Namun begitu, masing-masing para pengrajin atau pembuat telur asin mempunyai resep sendiri-sendiri, sehingga rasa maupun kualitas pun berbeda-beda. Salah satu yang terkenal dan favorit adalah telor asin berlabel Galuh Telor Asin dari Kendal, Jawa Tengah.

Galuh Telor Asin menjadi favorit karena rasa maupun kualitas memang dikedepankan. Diolah secara benar dan profesional. Galuh Telor Asin mempunyai tekstur telur yang pulen, berminyak serta kuning telurnya berwarna oranye seperti telor asin khas Brebes.

Galuh Telor Asin bisa tahan seminggu (7 hari) karena proses pembuatannya dengan dua kali proses memasak yaitu dikukus kemudian dioven untuk meminimalkan kadar air pada telor.

“Produk telor asin kami tidak menggunakan tawas pada saat pemrosesan, sehingga produk kami aman dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Produk kami juga bisa bertahan lebih dari satu minggu” kata Galuh Setyo Pratiwi, owner Galuh Telor Asin.

Karena tidak menggunaka tawas dalam proses pembuatannya, sehingga lolos uji dan mendapat sertifikat P-IRT dari dinas kesehatan. Dengan begitu, konsumen tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi dan berlangganan Galuh Telor Asin.

Pemasaran Galuh Telor Asin sudah cukup luas jangkauannya. Tak hanya di wilayah Kendal saja, namun sudah merambah hingga ke luar kota bahkan kota besar, diantaranya Surabaya, Jakarta, Solo dan lain-lain.

Pelanggannya merupakan konsumen langsung, reseller terdekat dan warung-warung makan serta pusat oleh-oleh.

Untuk harga galuh telor asin terbilang terjangkau dan setimpal dengan kualitasnya yaitu Rp. 35.000/box isi 10 butir telor. Untuk pemesanan partai besar harga bisa nego minimal pengambilan 100 butir telor asin.

Untuk dapat menikmati Galuh Telor Asin bisa sambangi outletnya langsung yang beralamat di Jalan Griya Praja Mukti Blok S No.06 Langenharjo, Kendal – Jawa Tengah. Pelayanan setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 10 malam.

Bagi yang jauh atau berhalangan untuk datang langsung, bisa melakukan pembelian melalui pesan singkat ke nomer 085729885457 (whatsapp).

Keluarga dan Bisnis

Galuh menceritakan bahwa ketika dulu masih kecil, Sang Abah (ayah, red) pernah iseng bikin telor asin dan ternyata banyak yang suka, tapi karena terganjal biaya dan tenaga kemudian pembuatan telor asin tidak diteruskan lagi.

“Sekarang saya dan kakak sudah dewasa dan sudah mulai bisnis-bisnis kecil, tercetuslah ide membuat usaha lain yaitu membuat telor asin yang pulen dan berminyak seperti telor asin Brebes. Kami mencari-cari lagi resep yang dulu pernah dibuat dengan uji coba 16 resep akhirnya dapat 1 resep yang sampai saat ini kami pakai” ungkapnya.

Sang ibu dulu memiliki usaha salon rias pengantin dengan nama Salon Galuh. Galuh merupakan petikan namanya, Galuh Setyo Pratiwi. Namun karena sudah sepuh, sang ibu pensiun dari usaha salonnya.

Selanjutnya, tempat usaha diberikan kepada anak-anaknya untuk berbisnis. Karena Salon Galuh sudah terkenal, diputuskan usaha telor asinnya memakai Galuh Telor Asin.

Galuh serta kakaknya, Kartika Dewi juga berbisnis beraneka macam frozen food, snack branded dan olahan serba seafood diantaranya lobster, kerang srimping, cumi, fillet ikan dan salmon di outlet yang sekaligus sebagai rumah tinggalnya.

“Sukses adalah kita yang mau belajar, mau berusaha dan tidak malu untuk mengejar sukses tersebut. Sukses bukan diukur dari banyaknya uang yg kita miliki tapi diukur dari seberapa banyak peluang yang bisa kita buat untuk diri kita dan orang lain” tutur putri dari pasangan Moh. Kabul Setyadarma dan Suprapti tersebut penuh optimis.

GALUH TELOR ASIN
Jln. Griya Praja Mukti Blok S No.06 Langenharjo, Kendal – Jawa Tengah
IG: @galuhtelorasin
FB: Galuh Frozen Food
Website: http://galuhfrozenfood.business.site/

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In INFO BISNIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Jati Belanda Cilacap, Perpaduan Antara Cinta dan Konsep Yang Matang

Tweet Tweet Comments comments …