Home ICC Homeschooling, Berkomitmen Wujudkan Insan Indonesia yang Cerdik lagi Cendekia

ICC Homeschooling, Berkomitmen Wujudkan Insan Indonesia yang Cerdik lagi Cendekia

9 min read
0
0
257

Teks: Telson Hardani      Foto. Doc. ICC-HS

BOGOR, JAWA BARAT – MAJALAHSUKSES.COM. Homeschooling adalah sebuah sistem pendidikan alternatif yang saat ini menjadi banyak pilihan orang tua untuk memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Dimana keberadaanya sah, diakui, sama dan sederajat dengan sekolah formal sesuai hukum di Indonesia.

Homeschooling adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah dilakukan oleh orangtua/keluarga di rumah (mandiri) atau tempat-tempat lain dimana proses belajar mengajar dapat berlangsung (tutorial) dalam suasana yang kondusif dengan tujuan agar setiap potensi anak yang unik dapat berkembang secara maksimal.

Homeschooling mampu menyediakan tiga macam ijazah, tergantung pilihan dan kemampuan siswa bersangkutan, yaitu Ijazah Formal, Ijazah Nonformal dan Ijazah International.

Salah satu homeschooling di Indonesia yang layak menjadi pilihan adalah ICC Homeschooling. ICC Homeschooling atau yang dikenal juga dengan ICCHS adalah sekolah yang proses pendampingannya menggunakan dua pendekatan, PSIKOLOGIS & AKADEMIK.

Pendekatan psikologis, siswa akan dibina & dididik sesuai aspek MINAT BAKAT siswa dengan membekalinya pelatihan Achievment Motivation Training (AMT), Character Building, Leadership dan Entrepreneurship sesuai dengan potensi minat dan bakat siswa.

Pendekatan akademik, dimana siswa akan dididik sesuai dengan tingkat kemampuan (sensitive learning), gaya belajar (style learning), maupun karakter komunikasi, sehingga terciptalah output anak didik yang memiliki bekal ilmu pengetahuan yang baik (knowledge), kecakapan hidup yang baik (lifeskill), dan juga sikap hidup yang baik (attitude).

Visi ICC-HS adalah menjadi lembaga homeschooling terdepan dalam melahirkan generasi unggul dalam imtaq dan iptek, bertanggung jawab dan berwawasan global.

Menurut Nur Alam Islamy, M.Pd, Direktur ICC-HS, siapapun bisa menjadi peserta ICC-HS dari mulai SD, SMP dan SMA. Bebas semua umur untuk program kejar paket A/B/C.

“Cocok untuk yang sudah bekerja/karyawan, siswa super sibuk (atlit/artis/pengusaha), siswa putus sekolah/dropout, siswa berkebutuhan khusus, siswa yang tidak lulus ujian/tidak naik kelas dan peserta dari luar kota di seluruh indonesia atau peserta dari luar negeri” terangnya.

Waktu belajar di ICC-HS sangat fleksibel. Bahan pelajaran bisa diambil di ICC Homeschooling . Anda boleh belajar di rumah dan Anda berhak konsultasi sehari-harinya dengan ICC-HS. Bahan belajar pun bisa kami kirimkan melalui email dan media online lainnya.

Selain itu, keunggulan ICC-HS lainnya yakni menerapkan multiple intelligences, siswa memilih pelajaran yang ingin dipelajari, siswa memilih sistem ujian dan ijazah yang diinginkan, siswa bisa ekplorasi minat dan bakat (hobby) secara maksimal, pemantauan psikologi secara terstruktur dan terarah, dibekali kecakapan hidup sesuai bakat dan minat anak dan tersedia beasiswa bagi yang berprestasi.

Ijazah yang diterbitkan oleh ICC-HS adalah ijazah resmi. “Resmi Ijazah Negara. Keberadaannya SAH & DIAKUI Negara. Semua siswa ICC-HS juga bisa melanjutkan ke semua perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta. Baik di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri (Ijazah International, Cambridge International Examination, Inggris bila menginginkannya).” Jelas Pak Nur melalui surat elektronik.

Sejarah Pendirian ICC-HS

Adalah Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M. Si yang saat ini masih aktif sebagai Direktur Pusat LPPOM MUI yang sejak lama telah menginginkan adanya kesamaan hak, solusi dan alternatif pendidikan bagi anak-anak negeri yang ingin maju karirnya di luar sekolah namun tetap sukses dalam jalur pendidikan sekolah.

Alasan lainnya adalah pendidikan harus lebih merata kepada seluruh anak negeri, apapun latar belakangnya, tanpa harus mengurangi kualitas dan arti penting makna pendidikan itu sendiri.

Menurutnya, pendidikan karakter dan pengembangan multiple intelligence insan merupakan kebutuhan mendesak bagi Indonesia di masa mendatang.

Atas alasan di ataslah kemudian pada awal tahun 2016 – ketika melaksanakan umroh – beliau terinspirasi dan terdorong niat kuat untuk merealisasikan itu semua yang kemudian diberi nama ICC Homeschooling (Homeschooling Insan Cerdik Cendekia). Beliau berharap ICC menjadi komitmen & sumbangsihnya dalam mewujudkan Insan Indonesia yang Cerdik lagi Cendekia.

Makna Sukses baginya adalah sukses bukan perkara seberapa banyak yang telah kita miliki; sukses adalah perkara seberapa besar yang telah kita beri. Kesuksesan adalah hal niscaya dalam setiap perjuangan. dan kesuksesan lumrah dalam setiap pengorbanan. jatuh, berdiri lagi. Kalah, mencoba lagi. Gagal, bangkit kembali. Intinya jangan pernah menyerah karna keajaiban bisa terjadi meski pada menit-menit terakhir, itulah sukses!.

KANTOR SEKRETARIAT:
Jl. Taman Pagelaran Blok A 1 No. 1
Kelurahan Padasuka Kecamatan Ciomas Bogor
Phone: (0251) 7582150 / 0857-1159-4774 / 0821-2234-8858
FB: ICC Homeschooling & Homeschooling Insan Cerdik Cendikia
IG: @homeschoolingicc
Website: www.icc-hs.com

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

SONY RIZAL TRIANDIANTO, SUKSES DENGAN RASA YANG SEBENARNYA

Tweet Tweet Comments comments …