Home INFO BISNIS Telaha, Brownies Ketela Asal Purbalingga yang Cocok Dijadikan Buah Tangan

Telaha, Brownies Ketela Asal Purbalingga yang Cocok Dijadikan Buah Tangan

8 min read
0
0
266

Teks: Tim Majalah Sukses      Foto: Doc. Telaha

PURBALINGGA, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Suburnya tanah di Indonesia sudah tidak diragukan lagi, sudah banyak hasil penelitian yang dipublikasikan ke dunia internasional tetang kesuburan tanah di Indonesia yang mudah untuk ditanami.

Ada beberapa wilayah di Indonesia memiliki hasil panen melimpah untuk beberapa komoditi pangan seperti Ketela. Salahsatunya ialah Purbalingga yang merupakan ibukota dari kabupaten Purbalingga.

Seperti halnya daerah lainnya yang ada di Indonesia, Purbalingga juga memiliki oleh-oleh Purbalingga yang mana tidak ada di daerah lainnya sehingga menjadi sebuah kewajiban jika berkunjung ke Purbalingga untuk membelinya.

Salah satu jenis oleh – olehnya ialah Brownies Mocaf (modified cassava flour) berlabel Telaha. Nama Brownies Mocaf Telaha mungkin masih terdengar asing ditelinga Anda yang belum pernah berkunjung ke Purbalingga.

Brownies Mocaf Telaha sendiri memiliki varian toping seperti : Brownies dengan topping Keju, Coklat, Hazelnut, Greentea, Taro, Blueberry dan Banana. Harga Brownies Mocaf lebih terjangkau Brownies Mocaf mini ( Rp 7.500 – Rp 12.500) dan Brownies Mocaf super ( Rp 28.500 – Rp 36.000).

Pengunaan bahan baku lokal sendiri memiliki tujuan ingin memberdayakan pangan lokal dengan cara lebih modern. Selain itu menjadikan sebagai varian baru oleh-oleh dari kabupaten Purbalingga yang mana selama ini belum punya signature.

Sehingga jangan kaget jika ada yang menyebutnya Brownies Ketela karena memang berbahan dasar dari tepung singkong modifikasi (MOCAF). Untuk bahan baku Mocaf ini dikerjakan sendiri.

Berikut ini adalah urutan pembuatan Mocaf. Singkong  dikupas -> cutting (pengecilan ukuran)  pencucian  fermentasi dengan BAL (bakteri asam laktat) 36 jam  pembilasan  pengeringan  penggilingan.

Cocok Juga Buat Yang Sedang Diet

Produk Brownies Ketela Asal Purbalingga ini sangat cocok untuk kalangan yang menjalankan diet Gluten Free (penderita celiac disease maupun autism, dengan catatan tanpa coklat). Produk ini bisa dikatakan sebagai salah satu inovasi penganekaragaman pangan yang memikirkan akan kesehatan bagi konsumennya.

Bagi Anda yang ada di luar kota dan ingin merasakan nikmatnya produk dari TELAHA PURBALINGGA CASSAVA, Anda tidak perlu harus datang ke Purbalingga karena Anda bisa memesannya melalui jejaring sosial instagram dengan akun @telaha_purbalingga atau melalui WA 0878-7375-5686.

Optimalkan Sumberdaya Lokal

Pertanyaan yang timbul dikalangan masyrakat ialah siapakah sosok dibalik adanya Brownies Purbalingga. Inilah sosok hebat di balik produk Brownies Mocaf Telaha, yakni Muji Budiono (23) dan Tim yang terdiri atas Dias Pusparini (24), Rilis Arzita (25), Nur Hikmah (25), Dede Setiadi (23).

Muji Budiono bersama tim mendirikan TELAHA PURBALINGGA CASSAVA berdiri pada 21 Desember 2017. Konsep bisnis yang dijalankan yakni dengan mengutamakan makanan olahan mocaf (modified cassava flour) dan turunannya sebagai oleh-oleh Kabupaten Purbalingga. Produk utama yang dipasarkan adalah brownies mocaf dengan aneka topping.

“Usaha ini didirikan untuk memberikan nilai tambah pada produk lokal yaitu singkong serta menjalankan program penganekaragaman pangan di Indonesia. Pemanfaatan singkong melalui TELAHA diharapkan mampu menjadi alternatif masyarakat dalam peningkatan keragaman pangan” urai Muji, pemuda inovatif itu.

Hal tersebut sesuai dengan visi Telaha yakni untuk membangkitkan usaha kecil di wilayah Purbalingga dan memberdayakan masyarakat untuk menambah nilai jual singkong.

Bagi Anda yang ingin / memiliki niatan untuk memasarkan produk TELAHA PURBALINGGA CASSAVA, Anda bisa langsung menghubungi Muji Budiono dengan nomor handphone : 0878 7375 5686

Anda bisa juga datang langsung ke tempat produsen TELAHA PURBALINGGA CASSAVA yang beralamatkan di Jalan Letnan Kusni RT 01 RW 01, Ds Jatisaba Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga.

“Arti sukses menurut saya adalah saya bisa mencapai apa yang saya impikan dan saya bisa menikmati dengan damai dan mampu bermanfaat bagi lingkungan di sekitar saya” ungkap Muji bijak.

TELAHA PURBALINGGA
Jln. Letnan Kusni RT 01 RW 01, Desa Jatisaba Kecamatan Purbalingga
Kabupaten Purbalingga – Jawa Tengah
WA: 0878 7375 5686
IG: @telaha_purbalingga
Line: Telaha Purbalingga
FB: Telaha Purbalingga

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In INFO BISNIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BAKSO JUDES, KULINER UNTUK GENERASI MILENIAL CILACAP

Tweet Tweet Comments comments …