Home INFO BISNIS Varra Galeri, Sedia Boneka Adat Unik Hasil Handmade

Varra Galeri, Sedia Boneka Adat Unik Hasil Handmade

8 min read
0
0
79

Teks: Tim Majalah Sukses      Foto: Doc. VG

Jpeg

JOMBANG, JAWA TIMUR – MAJALAH SUKSES.COM. Boneka, mainan yang banyak dijadikan idola oleh banyak anak kecil, di jaman now sangat bervariasi. Baik dari segi bahan maupun motifnya. Bahkan, boneka hasil impor dari negeri lain membanjiri toko-toko mainan.

Namun begitu, boneka handmade karya anak bangsa sendiri dengan motif tradisional yang mengenakan pakaian adat tetap mempunyai penggemar tersendiri. Tak lekang digerus arus imporisasi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Faradhina Millatul Maula Syarifah, sang kreator sekaligus pemilik Varra Galeri yang terus konsisten menyuguhkan karya berupa boneka bernilai seni tinggi dan bernilai jual tak kalah dengan boneka impor.

Boneka produksi Varra Galeri adalah boneka dengan menggunakan pakaian adat nusantara. “Biasanya orang-orang order untuk diberikan sebagai hadiah ulang tahun, anniversary, wisuda, hadiah perayaan sepert imlek, hadiah wedding dan juga sebagai mahar” terang Faradhina.

Tak hanya boneka dengan menggunakan pakaian adat, juga diproduksi boneka dengan busana pengantin adat dari berbagai daerah, boneka dengan busana tari daerah dan boneka wisuda.

Menurut Varra, sapaan akrabnya, tujuannya adalah memperkenalkan karya nusantara, agar anak bangsa lebih mengenal dan lebih mencintai budaya bangsa sendiri. Cakep!

Sejauh ini, para pelanggannya dari berbagai kalangan mulai anak-anak, remaja hingga dewasa dari berbagai penjuru tanah air dari Sabang sampai Merauke karena penjualan juga didukung melalui marketplace online.

Tentunya, para pembeli adalah pemburu souvenir atau hadiah yang unik dan pecinta karya seni nusantara.

Mau Model Custom, Pesan Dulu

Produk-produk Varra Galeri adalah hasil handmade, original langsung dari sang owner sekaligus sang kreator, jadi, untuk yang mengingnkan model custom harus pesan dulu. Bisa custom model dan juga warna sesuai keinginan dari konsumen.

Tentu itu menjadi salah satu keunggulan Varra Galeri dibanding galeri-galeri boneka lain. Untuk boneka adat dikemas di dalam hardbox agar lebih aman. Juga ditambahkan frame untuk boneka adat khusus buat mahar.

Untuk pemesanan mudah saja. Bisa melalui beberapa platform media sosial resmi milik Varra Galeri. Bisa melalui marketplace Shopee, Bukalapak, instagram, Tokopedia dan whatsapp ke nomer 08563064061.

Atau mau datang langsung ke galerinya yang beralamat di Jalan Masjid Nurul Huda RT 03 RW 015 Dusun Tawar, Desa Grogol, Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang – Jawa Timur juga dipersilakan. Bisa melihat koleksi-koleksinya sekaligus proses pembuatannya.

Untuk pre order sekitar satu minggu. Namun ketika orderan sedang tidak terlalu banyak bisa langsung dibuatkan. Waktu order atau pemesanan adalah setiap hari.

Bisnis Berawal Iseng

Varra menuturkan latar belakang memilih usaha tersebut pada awalnya hanya iseng-iseng belaka. Hasil otak-atik barang yang tidak terpakai.

“Ketika itu saya melihat boneka masa kecil saya yang sudah usang, bahkan beberapa ada yang telah saya gunduli, wajahnya saya coret-coret, namun akhirnya terlintas untuk mengotak-atik . Pertamakali saya mempermak dengan pakaianan adat Aceh dan Minangkabau, ternyata hasilnya diluar dugaan, banyak yang menyukainya, bahkan sebagian besar orang tidak sadar kalau itu adalah boneka bekas” tuturnya.

Dari sana Ia coba membuat model lain dan iseng mempostingnya di akun media sosialnya. Niat awal sebenarnya bukan untuk jual tapi pajang-pajang hasil karya sendiri, ternyata responnya positif dan sejak saat itu orderanpun mulai berdatangan.

“Bagi saya tidak ada batasan untuk seseorang bisa berkarya, akan lebih bahagia lagi ketika suatu hobi bisa menghasilkan sesuatu, dan melihat orang lain tersenyum melihat karya kita. Itu adalah sesuatu yang membahagiakan” ungkap perempuan yang memiliki keinginan suatu hari nanti galerinya bisa menampung hasil karya semua orang itu.

Ia berprinsip, ketika kita mengerjakan apa yang tidak orang lain kerjakan, maka suatu saat nanti kita akan mendapatkan apa yang tidak orang lain dapatkan.

“Sukses itu berani bermimpi dan berani wujudkan imaginasi” pungkasnya menutup obrolan.

VARRA GALERI
Jln. Masjid Nurul Huda RT 03 RW 015 Dsn. Tawar, Ds. Grogol, Kec. Diwek
Kab. Jombang – Jawa Timur
WA : 08563064061
IG: @galeribonekaadat
shoppe.co.id: varra_galeri
Bukalapak: varra galeri
Tokopedia: galeri boneka adat

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In INFO BISNIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BAKSO JUDES, KULINER UNTUK GENERASI MILENIAL CILACAP

Tweet Tweet Comments comments …