Home KOMUNITAS Peken Tjilatjapan Pantjak Kalih, Terus Suburkan Ekosistem Kreatif di Cilacap

Peken Tjilatjapan Pantjak Kalih, Terus Suburkan Ekosistem Kreatif di Cilacap

5 min read
0
0
184
Ada kelas belajar bahasa isyarat di Pantjak Kalih. (Foto: Istimewa)

CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Masih di tempat yang sama dengan yang edisi-edisi sebelumnya, yakni Gedung eks Pabrik Pemintalan Cilacap, Cilacap Kreatif kembali menggelar Peken Tjilatjapan dengan judul Patjak Kalih, pada Sabtu (24/2) lalu.

Aris Budi Prihantin, ketua panitia acara, mengatakan bahwa untuk Peken Tjilatjapan kali ini ada yang berbeda dengan yang sebelumnya. “Untuk Pantjak kalih ini menyajikan penampilan yang baru dengan talent tenant baru yang ada di Cilacap, Banyumas dan sekitarnya”. Ungkap mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap itu.

Salah satu sudut di venue Pantjak Kalih. (Foto: Istimewa)

Beragam acara digelar. Dari mulai workshop melukis di kanvas, belajar bareng bahasa isyarat, sharing session survival di alam bebas, web development journey, dan lain sebagainya.

Salah satu sesi yang paling ditunggu adalah BYOT (Bring Your Own Tjilatjapan), di mana para peserta yang datang dengan berbagai latar belakang dan bidang, berdiskusi. Saling berbagi ide dan gagasan, hingga kemudian bisa berlanjut untuk saling bersinergi atau kolaborasi.

Romi Angger Hidayat, pendiri Cilacap Kreatif menjelaskan bahwa komunitasnya hadir sebagai penghubung, yang mengajak kolaborasi dari semua elemen, hexahelix, maupun agregator untuk menciptakan ekosistem ekonomi kreatif di Kabupaten Cilacap.

Sesi BYOT di Pantjak Kalih (Foto: Istimewa)

“Cilacap sedang dibangun menjadi kota kreatif. Awalnya dibangun melalui momen-momen seperti ini (BYOT)” ucap Donie Hulalata, moderator acara yang juga menjabat sebagai manajer di Cilacap Kreatif.

Fitri Awaluddin Muuri, Ketua Dekranasda kabupaten Cilacap menimpali “Cilacap ini sedang rebranding, dirintis untuk menjadi kota kreatif. Mudah-mudahan Cilacap, ekonomi kreatifnya semakin maju dan semakin memiliki daya tarik”. Pernyataan tersebut diaminkan oleh perwakilan dari DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bank Indonesia dan lainnya.

Dukungan psikososial dari tim Bantu Cerita. (Foto: Istimewa)

Acara yang dimulai pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore, dihadiri banyak pengunjung. Tampak hadir pula pelukis senior Kota Cilacap, Suhadi Gembot yang datang bersama Telson Hardani, penulis dan aktivis safety riding.

Fakih, dari Komapala PNC mengaku senang bisa hadir di Peken Tjilatjapan Pantjak Kalih, “Bagus sih, karena acara ini dapat mempersatukan elemen masyarakat yang dapat membuat kita meningkatkan inovasi generasi muda kreatif. (MDN)

Comments

comments

Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In KOMUNITAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rayakan Ulangtahun Pertama, Sukun Hotel Cilacap Tampilkan Lima Lukisan Karya Suhadi Gembot

Tweet   CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Cuaca cerah, suasana nampak t…