Home SOSOK INSPIRATIF Memahami Pentingnya Branding Bersama Pakar Branding Feri Nurro

Memahami Pentingnya Branding Bersama Pakar Branding Feri Nurro

7 min read
0
0
102
Feri “Uunk” Nurro dalam sebuah acara.

BANYUMAS, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Masih jamak dijumpai di berbagai forum maupun obrolan masyarakat tentang branding yang masih dipahami dengan begitu sederhananya, padahal itu adalah hal yang kompleks. Bahkan tak sedikit pula yang belum memahaminya.

Pengertian brand/merek yang selama ini banyak diketahui orang kebanyakan baru sebatas logo, promosi dan hal-hal yang berkaitan dengan visual lainya. Bukan berarti ini menjadi salah kaprah, tapi hanya soal edukasi saja yang belum sampai ke benak manusia bahwa brand jauh lebih dari sekedar logo.

Menurut Feri “Uung” Nurro selaku pakar brand, founder Nurro Company yang sering menjadi pembicara terkait branding di forum-forum UMKM, mengatakan bahwa pada dasarnya brand atau merek adalah sebuah image, persepsi dari seseorang tentang produk atau perusahaan Anda.

Baca juga: KADO UNIK UNTUK KABUPATEN CILACAP DARI QYTA TRANS

“Brand itu soal persepsi yang isinya kombinasi lengkap dari segala aspek yang ada didalam produk atau perusahaan, perorangan, komunal, tempat. Setiap orang selalu memiliki persepsi ketika mendengar sebuah nama, baik nama perusahaan atau produk. Karena segala sesuatu yang bernama bisa menjadi brand” jelas seorang ayah, mantan penulis & fotografer lepas di sebuah korporasi media raksasa Indonesia yang memilih pensiun dini dan menjadi entrepeneur yang banyak berkecimpung di dunia sosial tersebut.

Melalui blog pribadinya https://www.nurro.id, ia menjelaskan bahwa Brand = Merek, Persepsi yang akan memunculkan reputasi sebuah merek. Proses menciptakan persepsi dan memunculkan reputasi inilah yang disebut dengan branding. Branding adalah melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan segala sesuatu tentang brand.

Ketika bicara mengenai brand perusahaan, bisa diibaratkan sebagai reputasi seseorang. Ketika reputasi seseorang baik makan orang akan percaya dan pada akhirnya akan merasa nyaman. Disinilah fungsi brand bekerja.

Logo adalah pintu gerbang, tampilan halaman muka untuk menuju kedalam brand yang sebenarnya. Didalam pintu tersebut akan ditemukan apa saja dan manfaatnya apa saja.

Mau bisnis/usaha anda diliput dan ditayangkan di majalahsukses.com?

Pernahkah anda mendengar ada merek A dijual mereknya saja dengan harga miliaran, hanya mereknya saja? Ini artinya bahwa merek adalah aset yang paling mahal harganya jika dibangun dengan benar. Value-nya bahkan bisa lebih tinggi dari aset fisik yang dimiliki oleh merek tersebut.

Kenapa kita harus memahami pengertian dasar brand? Tentu saja, karena hal ini akan menjadi langkah awal dan sangat membantu ketika akan membangun brand dengan baik. Brand akan menjadi sebuah kepribadian, karakter dan yang paling utama menjadi jiwa merek yang benar-benar hidup.

Seorang brand director di beberapa korporasi itu menambahkan bahwasanya sebuah wujud kepercayaan adalah tujuan utama dari merek yang dibangun, serta brand akan menjadi identitas sebuah wilayah, sebuah negara jika sudah benar-benar kuat dibenak manusia.

Sudah paham kan?

Salam sukses!

 

Disarikan oleh Telson Hardani
Foto: Dok. Nurro.id

Comments

comments

  • JAGOAN BRANDING SIAP BANTU BRAND LOKAL AGAR SEMAKIN SUKSES

    Tweet CILACAP, JAWA TENGAH – MAJALHSUKSES.COM. Menjadi pebisnis adalah pilihan bijak. Di m…
Load More Related Articles
Load More By Majalah Sukses
Load More In SOSOK INSPIRATIF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

HIPMI Banyumas Serahkan Bantuan Sembako ke Para Driver Qyta Trans

Tweet BANYUMAS, JAWA TENGAH – MAJALAHSUKSES.COM. Bencana pandemi Covid 19 yang masih terus…